Sepuluh Top Plugin WordPress

WordPress merupakan tools blogging paling terkenal dan paling banyak dipakai dibandingkan dengan tool CMS sejenis. Dengan demikian pendukung tool berupa themes, berbagai jenis plugin untuk WordPress tersedia dalam jumlah banyak bahkan free. Dari banyak free plugin yang tersedia, menurut John Cow adalah sebagai berikut:

Sidebar Widget
Merupakan salah satu plugin paling berguna yang pernah dibuat bagi WordPress. Widget memungkinkan Anda mengubah penampilan sidebar tanpa harus mengedit file PHP. Menggunakan Widget ini, Anda hanya melakukan drag & drop items mana saja yang akan tampil di sidebar, selebihnya biarkan Widget yang mengerjakan untuk Anda. Tapi harus diingat Widget hanya bekerja pada template WordPress yang kompatibel. Jika template yang Anda gunakan tidak ‘Widget friendly’ maka Anda tidak dapat menggunakan Widget ini.

AdSense Deluxe
AdSense Deluxe adalah salah satu plugin yang saya pasang/install, coba baca posting saya yang lalu. Menggunakan AdSense Deluxe memungkinkan Anda untuk custom beberapa model tampilan AdSense disesuaikan format penempatan tanpa harus copy-paste code AdSense. Anda akan diberikan menu dropdown untuk keperluan tersebut. AdSense Deluxe juga memungkinkan otomatisasi code AdSense Anda dalam template sehingga Anda tidak dipusingkan dengan memilih kode AdSense lagi. Kelebihan lainnya AdSense deluxe ini adalah dapat menjaga jumlah iklan AdSense yang tampil dalam satu halaman maksimal tiga buah.

Digg This
Plugin Digg mendeteksi link dari Digg.com yang otomastis merujuk link kembali pada posting digg Anda, menjadikan posting tersebut mudah ditelusuri pengunjung. Saat pertama kali Digg dikenali, sebuah email akan memberitaukan pada Anda, jika sebuah posting Anda di telusur lebih lanjut (dugg your story). Deteksi Digg mengacu pada alamat URL Digg. Jika lebih dari satu posting digg dalam satu halaman, hanya posting pertama yang digunakan. Banyak cara untuk menampilkan tombol Digg, satu yang populer adalah menampilk banyaknya posting Anda di-digg (dibaca). Digg sangat mudah diinstall dan digunakan termasuk penggunaannya di template.

Feedburner
Feedburner yang telah terinstall menggantikan RSS Feed akan memberikan informasi berapa banyak orang berlangganan feeds Anda, posting apa saja yang mereka baca, RSS feeder yang mereka gunakan dan dari mana pembaca Anda berasal.

Related Posts s
Plugin Related Posts memungkinkan Anda menampilkan posting-posting blog lain yang berelasi isi dengan posting Anda secara otomatis. Related Posts memungkinkan Anda mengatur berapa banyak posting berelasi yang tampil dan cara menampilkan blog tersebut.

Recent Comments
Plugin Recent Comments memberikan tantangan pada pengunjung untuk menulis komentar. Recent Comments seperti juga plugin Related Posts meningkatkan page view blog Anda.

Optimal Title
Plugin Optimal Title benar-benar kebalikan dari wp_title(). Membalik judul posting menjadi disebelah kiri nama situs blog Anda. Google menjadi lebih mudah mengenali dan lebih mudah di index. Diharapkan judul akan terindex seluruhnya.

Google Sitemap Generator
Memudahkan Anda membuat blog sitemap yang google’s friendly. Kapan saja posting atau menambah halaman, plugin Google Sitemap akan dapat mendeteksi dan membuatkan sitemap, sehingga mempercepat google mengindex.

Akismet Comment Spam Killer
Plugin ini sudah terinstall diawal penggunaan WordPress. Untuk mengaktifkannya Anda diminta untuk mendaftar ke WordPress dan mendapatkan key API.

WordPress Database Backup
Seperti Akismet Comment Spam Killer, WordPress Database Backup telah terinstall diawal penggunaaan WordPress. Berguna untuk membackup database WordPress Anda, dan mengirimkannya via email.

Sudahkah plugins tersebut melengkapi situs blog Anda?

Comments

comments

10 Replies to “Sepuluh Top Plugin WordPress”

  1. What I want to do on my blog, is every few hours take the oldest post and move it to the
    front of the queue, all automatically. Anyone know if there is a plugin that can do this or
    a simple way to set up another plugin to do this (use my own feed perhaps)?
    Thanks.

  2. #1 Darren,
    To do automatically task like you said, your hosting must be support ‘cron jobs’. Anyway, I have no idea what plugin do you have to do this task. I’ll find for you ASAP, ok?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *