Klaim Peringkat di Search Engine

Sebuah site penjualan asesoris sepeda motor mengklaim dirinya peringkat pertama, pada pencarian kata kunci (keyword) namasitus.com! Ya, iyalaaahhh…! Be the way, siapa sih yang akan mencari nama site, misalnya, namasitus.com? No one!

Sebagai pemilik site, Anda harus menafsirkan hal tersebut diatas dengan bijak. Bahwa site namasitus.com telah terindex di search engine Google dan berada diperingkat pertama itu benar. Salah tafsirnya adalah, menyangka bahwa namasitus.com berada diperingkat pertama Google berdasarkan pencarian kata kunci berkaitan dengan asesoris sepeda motor. Pencarian berdasarkan kata kunci berkaitan dengan asesoris sepeda motor berhubungan erat dengan site’s SEO. Parahnya lagi, Anda berkesimpulan, bahwa site tersebut akan ramai dikunjungi visitor dari Google yang mencari informasi asesoris sepeda motor.

Penjelasannya adalah, bahwa namasitus.com yang menjual asesoris sepeda motor telah terindex Goolge. Terbukti dengan memasukan kata kunci nama site, dan Google dapat menampilan site tersebut dengan baik. Tentu saja nama site namasitus.com berada diperingkat paling atas, karena kata kunci itu yang Anda cari. Misalnya, Anda mencari Yahoo! dengan masukan kata kunci ‘yahoo’ di search engine Google, maka dipastikan bahwa peringkat pertamanya Yahoo!. Kemudian jika Anda memasukan kata kunci asesoris sepeda motor di Google dan berharap site namasitus.com akan tampil peringkat pertama, pengharapan Anda sia-sia. Saya jamin! Selanjutnya Anda juga tidak mendapatkan pengunjung dari Google yang menggunakan kata kunci asesoris sepeda motor.

Agar situs Anda dapat berasosiasi dengan kata kunci asesoris sepeda motor, mempergunakan teknik-teknik SEO (search engine optimization) jawabannya. Site namasitus.com, toko online asesoris sepeda motor, harus dioptimasi dengan kata-kata kunci (keywords) yang berkaitan dengan asesoris sepeda motor. Jika target market online store wilayah Indonesia, cobalah untuk memperkecil ruang lingkup pencarian Google di Indonesia saja.

Sebagai pembanding misalnya site cordiaz.com yang salah satu bidangnya adalah email marketing. Jika Anda memasukan kata kunci ’email marketing’ di Google, maka salah satu site papan atasnya adalah cordiaz.com. Peringkat kedua! šŸ˜€

SEO yang Anda terapkan pada site merupakan kegiatan terus menerus, tidak bisa sekali jadi. Tetapi SEO berlaku pada kebanyakan search engine.

Comments

comments

0 Replies to “Klaim Peringkat di Search Engine”

  1. Saya setuju mas, sekiranya internet marketing tidak hanya mengacu pake keyword yg sesuai dengan nama domainnya. Hal itu hanyalah satu dari banyak teknik SEO.

    Namun keputusan untuk menggunakan generic name sebagai domain name anda pun tidak salah.

    domain name dengan menggunakan generic name, akan menguntungkan selama nama tersebut relevan dengan produk dan atau jasa yg ditawarkan sebuah website. Seperti yg saya kutip dari Meaning of Brand Name Important SEO Factor

    Dalam kasus ini kita berada di indonesia, maka mind set kita harus disesuaikan dengan orang indonesia. Contohnya begini: begitu saya sedang butuh komputer, saya cari di google dengan kata kunci yg kira-kira banyak pertama terlintas dibenak saya ā€œtoko komputerā€ atau ā€œbeli komputerā€ atau ā€œharga komputerā€

    maka hasilnya akan saya temukan alamat2 situs terkenal seperti http://www.bhineka.com (non generic domain name), tapi coba lihat lebih teliti, ternyata situs http://www.belikomputer.com berada pada posisi yg lumayan juga.

    Keywords: situs: posisi google:
    ā€œtoko komputerā€ http://www.bhineka.com (urutan ke-1)
    http://www.belikomputer.com (urutan ke-2)
    http://www.harga-komputer.com (-)

    ā€œbeli komputerā€ http://www.bhineka.com (-)
    http://www.belikomputer.com (urutan ke-1)
    http://www.harga-komputer.com (-)

    ā€œharga komputerā€ http://www.bhineka.com (urutan ke-2)
    http://www.belikomputer.com (urutan ke-7)
    http://www.harga-komputer.com (urutan ke-3)

    nah secara mengejutkan, ternyata generik name mempunyai nilai plus pada kata kunci yg menggunakan kata-kata dlm generic name tersebut.

    SEO memang tidak gampang, dan tidak ada yg bisa menjamin suatu situs selamanya berada pada posisi teratas search engine (google, yahoo, msn atau search engine lainnya), bahkan google sendiri ga bisa menjamin kok No one can guarantee a #1 ranking on Google

    Cheers šŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *