Begini Cara Digital Advisor Menceritakan Kondisi Digital Marketing Sekarang

Seorang Digital Advisor terpercaya adalah partner strategis klien. Pendapat Digital Advisor akan selalu diminta klien terkait kebutuhan strategi pemasaran di era digital. Pendapat Digital Advisor mengenai landscape digital marketing atau pemasaran digital saat ini menjadi pertimbangan klien menentukan langkah pemasaran produk dan jasa.

Ceritakan kepada klien bahwa digital marketing mengubah cara konsumen membeli produk dan jasa. Ceritakan pula bahwa digital marketing akan membantu memajukan bisnis klien. Bagaimana caranya klien dapat memiliki pandangan bahwa telah terjadi pergeseran cara konsumen berbelanja di era digital ini, menjadi pintu Digital Advisor meyakinkan klien.

Perubahan Jalur Cara Membeli

Tidak diragukan lagi, era digital telah membuat perubahan besar di semua aspek kehidupan. Ponsel menjadi alat terakhir yang konsumen sentuh sebelum tertidur. Konsumen terbiasa terbangun mendengar suara beep atau alarm jam dari ponsel tersebut. Gawai tersebut menjadi portal konsumen ke dunia luar yang jaraknya selalu dalam jangkauan tangan. Karena itulah digital mengubah jalur cara membeli konsumen.

Sebagai contoh, perhatikan satu peristiwa pembelian produk TV yang terjadi sebelum era digital dibandingkan dengan setelah era digital berikut ini.

Sebelum Era Digital

Jalur Pembelian Konvensional
  • Saat menonton sinetron di TV ukuran sedang yang sudah mulai usang dan ketinggalan jaman, calon konsumen melihat iklan TV besar di jeda sinetron tersebut. Tertarik iklannya dan konsumen ingin memiliki TV besar sebut.
  • Saat ada kesempatan luang, calon konsumen datang ke toko elektronik terdekat dari rumah dan menemukan TV besar tersebut. Sales toko membombardir dengan informasi TV besar tanpa mampu disela calon konsumen.
  • Akhirnya komsumen membeli TV besar tersebut dan menyampaikan kabar tentang hal itu ke rekan lainnya. Rekan yang pengen tahu, datang ke rumah dan mulai mencari informasi lebih detail TV besar tersebut.

Saat ini, pada Era Digital

Jalur Pembelian Era Digital
  • Calon konsumen menikmati sinetron favoritnya melalui internet yang distreaming ke TV. Saat iklan 30 detik, salah satu iklan smart TV menarik perhatian calon konsumen.
  • Calon konsumen meneruskan pencarian saat iklan smart TV selesai, melalui laptop atau gawai lainnya. Mengamati fitur-fitur smart TV dan membaca review ahli serta konsumen lainnya yang telah membeli.
  • Setelah membandingkan rating smart TV terbaik dan menelusuri harga terbaik, calon konsumen memesan smart TV. Smart TV datang dalam 3 hari. Smart TV selesai di setup, digunakan untuk streaming dan bermain game. Setelah beberapa bulan, konsumen menuliskan review smart TV tersebut.

Kedua situasi di atas memperlihatkan perbedaan saat era digital membantu calon konsumen memperoleh banyak informasi menggunakan ujung jari mereka dibandingkan sebelumnya. Gawai ponsel mempermudah calon konsumen mengakses informasi produk sebelum membeli. Review, perbandingan fitur, perbandingan harga, penampilan di video, foto-foto produk dari banyak sisi atau apapun riset kecil yang ingin calon konsumen lakukan sebelum membeli produk.

Tidak dibutuhkan lagi perjalanan ke toko elektronik terdekat, mendengarkan sales menerangkan informasi produk yang kita sasar sebelum kita memutuskan untuk membeli.

Ada banyak stimulus pendorong calon konsumen membeli produk. Gawai ponsel mendominasi sepanjang proses pembelian tersebut. Proses-proses tersebut dikenal dengan istilah micro-moments. Di pertemuan selanjutnya akan disampaikan lebih detail micro-moments tersebut.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *